QFC

Cara cepat menghafal dan memahami kosakata Al-Qur’an

Cepat Hafal & Paham

Cukup menghafal 75 kata dasar berfrekuensi tinggi berarti anda sudah menguasai setara 50% kosakata Al-Qur’an

Cukup menghafal 1200 kata dasar berfrekuensi tinggi berarti anda sudah menguasai setara 90% kosakata Al-Qur’an

Aplikasi untuk
Semua Orang

Al-Qur’an Surat Yusuf Ayat 1 & 2 :
الۤرٰ ۗ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۗ – ١
Alif Lam Ra. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al-Qur'an) yang jelas
اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ – ٢
Sesungguhnya Kami menurunkannya sebagai Qur'an berbahasa Arab, agar kamu mengerti

Karena Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, maka untuk memahaminya diperlukan pengetahuan setidaknya atas dua hal, yaitu tata bahasa dan kosakata. Sejatinya kosakata dalam Al-Qur’an tidaklah banyak. Jumlah kata dasar dalam Al-Qur’an hanya sekitar 5.155 kata yang terdiri dari kata kerja dan non kata kerja.

QFC merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghafal dan memahami secara cepat kosakata Al-Qur’an dengan Metode Frekuensi. Setiap kata dasar dalam Al-Qur’an mempunyai frekuensi atau keseringan muncul yang berbeda-beda. Kata dasar dengan frekuensi tertinggi adalah مِن (min) yang merupakan kata depan (preposition) yaitu sebanyak 3226 kali.

Dalam aplikasi QFC, kosakata Al-Qur’an disusun berdasarkan frekuensi. Dengan Metode Frekuensi, jumlah kata dalam Al-Qur’an tidak harus dihafalkan semuanya, tetapi cukup dengan menghafal dan memahami 1.200 kata dasar yang ada di aplikasi QFC yang mewakili sekitar 90% kosakata dalam Al Quran.

Dengan menghafal dan memahami 1.200 kata dasar ini, maka akan mudah mengenali dan mengerti kata-kata turunannya, sehingga bahasa Al-Qur’an akan cepat dipahami dari sumber bahasa aslinya, yaitu Bahasa Arab. Kata dasar di aplikasi QFC terbagi menjadi kata kerja (verbs) dan non kata kerja (words).

Kata kunci dari keberhasilan menghafal dan memahami kosakata Al-Qur’an dengan menggunakan aplikasi QFC adalah menghafal, menghafal, menghafal dan terus menghafalkan 1.200 kata dasar hingga hafal dan paham diluar kepala baik secara berurut maupun random.

Hafalkan, hafalkan, hafalkan dan terus hafalkan meskipun tidak hafal-hafal karena Al-Qur’an seluruhnya adalah kebaikan. Menghafal namun tidak hafal-hafal berarti berlama-lama dalam kebaikan.

Aplikasi QFC ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari pengguna sangat dinantikan untuk perbaikan selanjutnya.

Contact Us
kukundeveloper@gmail.com